Agama Islam

Kerohanian

Di Posting Oleh Adam Gaza Andalusia kategori Kerohanian

Di Posting 1 week ago
Nama : Adam Gaza Andalusia
Nim : 20210801214
Prodi : Teknik Informatika

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas sesi 2 yang berjudul ” Agama dan Agama Islam ”. 
Tugas sesi 2 ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Selain itu, tugas ini bertujuan menambah wawasan tentang agama dan agama islam bagi para pembaca dan juga bagi penulis.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada Pak Andi Hidayat Muhmin selaku dosen mata kuliah pendidikan agama islam.

Pengertian Agama Secara Umum
Agama adalah sistem yang mengatur kepercayaan serta peribadatan kepada Tuhan (atau sejenisnya) serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan. Banyak agama memiliki mitologi, simbol, dan sejarah suci yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna hidup dan asal-usul kehidupan atau alam semesta. Dari keyakinan mereka tentang kosmos dan sifat manusia, orang-orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama, atau gaya hidup yang disukai. Menurut beberapa perkiraan, ada sekitar 4.200 agama di dunia. Kata agama kadang-kadang digunakan bergantian dengan iman, sistem kepercayaan, atau kadang-kadang mengatur tugas.

Pengertian Agama Islam
Pengertian Agama Islam secara umum adalah, berserah diri, tunduk dan patuh kepada apa yang telah di turunkan oleh Allah (syariat Islam) kepada Nabi dan Rasul-Nya, melalui petunjuk yang ada pada kitab suci masing masing nabi dan Rasul tersebut. Sedangkan arti islam arti Islam secara bahasa Arab adalah Assalmu : Damai, Kedamaian, Aslama : Taat, Berserah diri, Istaslama : Berserah diri, Saliim : Bersih, Suci, Salaam Selamat, Keselamatan. Seperti dalam Surat Ali Imran Ayat 19 Allah ta’ala Berfirman:

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ
Artinya: “Sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam.” [QS. Ali Imran: 19].
Surat Ali Imran Ayat 85 Allah ta’ala Berfirman:

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآَخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
Artinya: “Dan siapa saja yang mencari agama selain Islam, maka tidak akan diterima darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.” [Q.S. Ali Imran: 85].
Itulah dalil tentang arti islam yang terdapat dalam AL Quran, selanjutnya apa arti islam menurut hadits.
Hadist Riwayat Imam Muslim
Dari Umar radhiyallahu ta’ala ‘anhu berkata, “Ketika kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba muncul seorang lelaki yang pakaiannya sangat putih, rambutnya sangat hitam, pada dirinya tidak terlihat tanda-tanda seorang musafir, namun tidak ada satu pun di antara kami yang mengenalnya.

Hingga ia duduk di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dia menempelkan lututnya ke lutut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meletakkan telapak tangannya di atas paha Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dan ia berkata, ‘Wahai Muhammad, jelaskan padaku tentang islam? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Islam adalah engkau bersyahadat bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan, dan melaksanakan haji ke Baitullah jika engkau mampu melaksanakannya.” [H.R. Muslim].

Deskripsi ideal muslimin dalam beragama
Pertama, pohon yang baik itu akarnya teguh. “Muslim yang ideal itu mempunyai akar yang kuat, tidak mudah guncang. Akar yang kuat itu adalah tauhid atau akidah yang kuat, yang tidak mudah goyah walaupun banyak tantangan dan tekanan.
Kedua, pohon yang baik itu cabangnya menjulang ke langit. “Sosok Muslim yang ideal itu ibadahnya kuat. Termasuk ke dalamnya adalah kuat dalam ibadahnya, kuat dalam belajarnya, kuat dalam sedekahnya, disiplin, cinta orang tua, cinta guru dan lain-lain.
Yang Ketiga, sosok Muslim yang ideal, pohon itu memberikan buahnya. “Dari akidah dan syariah yang kuat, maka akan melahirkan akhlak yang mulia atau akhlaqul karimah. Inilah tiga ciri sosok Muslim ideal yang digambarkan oleh Allah SWT melalui firman-Nya, yakni mempunyai akidah yang kuat, ibadah yang kuat, dan akhlak yang mulia".

Kesimpulan
Islam merupakan agama yang benar. Karena ajaran agama islam bersifat komprehensif membahas masalah-masalah manusia baik dunia ataupun akhirat. Dan agama islam merupakan agama yang sesuai dengan fitrah manusia. Oleh 
karena itu agama islam harus disebarluaskan kepada umat manusia agar dapat memeluk agama islam (bagi non muslim) serta memperdalam ajaran islam (bagi kaum muslim). Dan salah satu jalan untuk menyebarluaskan agama islam adalah dengan berdakwah. 

Sekian dan Terima kasih 
Wassalamu'alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh