Tugas PAI Sesi 2

Kerohanian

Di Posting Oleh Randi Praditiya kategori Kerohanian

Di Posting 1 month ago
AGAMA DAN AGAMA ISLAM

Nama : Randi Praditiya
Nim : 20210801265
Prodi : Teknik Informatika

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas sesi 2 yang berjudul ” Agma dan Agama Islam ” dengan tepat waktu.
Tugas sesi 2 ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Selain itu, tugas ini bertujuan menambah wawasan tentang agama dan agama islam bagi para pembaca dan juga bagi penulis.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada Pak Andi Hidayat Muhmin selaku dosen mata kuliah pendidikan agama islam

Pengertian Agama Secara Umum
Secara umum, agama dapat didefisinikan sebagai sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan Kepada Tuhan serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, serta pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatan kehidupan. Masing-masing agama biasanya mempunyai mitologi, simbol, atau sejarah untuk menjelaskan makna hidup dan asal-usul kehidupan atau alam semesta. Kenneth Shouler dalam The Everything World’s Religions Book (2010) memperkirakan ada sekitar 4.200 agama di dunia.

Definisi Agama Menurut Beberapa Ahli
Edward Burnett Tylor, dikutip dari Seven Theories of Religion (1996) karya Daniel L. Pals, definisi agama adalah kepercayaan seseorang terhadap makhluk spiritual, misalnya roh, jiwa, dan hal-hal lain yang punya peran dalam kehidupan manusia.
James George Frazer dalam bukunya berjudul The Golden Bough cenderung sepakat dengan Tylor, namun ia membedakan sihir dengan agama. Menurutnya, agama adalah keyakinan bahwa dunia alam dikuasai oleh satu atau lebih dewa dengan karakteristik pribadi dengan siapa bisa mengaku, bukan oleh hukum.
koentjaraningrat dalam Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan (1974) memaparkan, di Indonesia, istilah agama digunakan untuk menyebut enam agama yang diakui resmi negara: Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budhisme, dan Khonghuchu. Selain itu, Koentjaraningrat juga menyimpulkan bahwa agama merupakan rasa percaya seorang manusia agar bisa nyaman ketika menjalani kehidupan, meliputi kenyamanan jasmani (fisik) dan rohani (jiwa).

Pengertian Agama Islam Secara Umum
Secara umum yang dimaksud dengan agama Islam ialah agama yang diridhoi Allah, yang paling benar dan sempurna serta agama yang membawa rahmat bagi semesta alam. Islam merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhamad SAW., sebagai Nabi terakhir pilihan-Nya. Didalamnya terdapat aturan dan hukum yang dapat dijadikan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh umat agar selamat dan bahagia di dunia sampai akhirat. Allah SWT berfirman:
Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam“. (QS. Ali-Imran: 19)

Jadi, agama Islam adalah agama yang benar, yang mengajarkan segala sesuatunya dengan baik dan sempurna. Ajaran Islam bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits.
Secara bahasa kata “Islam” berasal dari kata “sallama” yang berarti selamat, dan bentuk mashdar dari kata “aslama” yang berarti taat, patuh, tunduk dan berserah diri. Sedangkan secara istilah, Islam ialah tunduk, taat dan patuh kepada perintah Allah SWT seperti yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul utusan-Nya serta menyerahkan diri sepenuhnya hanya kepada Allah ta’ala.

Pengertian Agama Islam Menurut Nabi dan Para Ulama.
Nabi Muhammad SAW.
Nabi Muhamad menjawab pertanyaan Umar r.a, tentang apa itu Islam, dan beliau menjawab Islam itu adalah “bahwa engkau mengakui tidak ada Tuhan selain Allah dan bahawasanya Muhamad itu utusan Allah, dan engkau mendirikan sholat, dan mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau mengerjakan ibadah haji di Baitullah jika engkau sanggup melakukannya“.
Umar bin Khatab
Menjelaskan Islam sebagai agama yang diturunkan Allah SWT. kepada Nabi Muhamad SAW. Di dalam agama Islam terdapat tiga hal yakni: Akidah, Syariat dan Akhlak.
Muhamad bin Ibrahim bin Abdullah at-Tawaijiri
Mengatakan bahwa Islam adalah sebuah penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah dengan mengesakan-Nya dan melaksanakan syariat-syariat-Nya dengan penuh keikhlasan.
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab
Beliau mengatakan Islam ialah berserah diri kepada Allah SWT dengan cara mentauhidkan-Nya, tunduk dan patuh kepada-Nya dengan ketaatan dan berlepas diri dari perbuatan-perbuatan syirik dan para pelakunya.

Deskripsi ideal muslimin dalam beragama
Pertama, pohon yang baik itu akarnya teguh. “Muslim yang ideal itu mempunyai akar yang kuat, tidak mudah guncang karena angin atau badai. Akar yang kuat itu adalah tauhid atau akidah yang kuat, yang tidak mudah goyah walaupun banyak tantangan dan tekanan,”
Kedua, pohon yang baik itu cabangnya menjulang ke langit. “Sosok Muslim yang ideal itu syariah atau ibadahnya kuat. Termasuk ke dalamnya adalah kuat dalam ibadahnya, kuat dalam belajarnya, kuat dalam sedekahnya, disiplin, tepat waktu, cinta orang tua, cinta guru dan lain-lain,”
Ciri ketiga sosok Muslim ideal, pohon itu memberikan buahnya. “Dari akidah dan syariah yang kuat, maka akan melahirkan akhlak yang mulia atau akhlaqul karimah. Inilah tiga ciri sosok Muslim ideal yang digambarkan oleh Allah SWT melalui firman-Nya, yakni mempunyai akidah yang kuat, ibadah yang kuat, dan akhlak yang mulia,”

Kesimpulan
Islam adalah agama untuk penyerahan diri semata-mata kepada Allah agama semua nabi, agama yang sesuai dengan fitrah manusia, agama yang menjadi petunjuk manusia, mengatur hubungan antara manusia dengan Rabbnya dan manusia dengan lingkungannya.