Islam Iptek dan Seni

Kerohanian

Di Posting Oleh Sadat Ardiansyah kategori Kerohanian

Di Posting 2 weeks ago
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji dan syukur selalu kita kepada Allah SWT yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang selalu memberikan nikmat kasih dan sayang-Nya kepada kita. Memberikan hidayah bagi manusia, dan selalu menaungi manusia dengan kasih dan sayang-Nya, khususnya kepada penulis. Sehingga Penulis mampu menyelesaikan tugas ini. walaupun di dalamnya masih banyak kesalahan, kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, karena kesempurnaan adalah hanyak milik Allah SWT. Tapi mudah-mudahan ini menjadi hal yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan, Amiin.

Sholawat Thibbil Qulub :
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ
Artinya : "Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan."
Latin : Allâhumma shalli 'alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa 'âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa 'alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.

Pengertian Sholawat Tibbil Qulub ataupun yang biasa disebut sebagai sholawat Nuril Absor adalah salah satu sholawat thibbiyah yang terdapat kandungan untuk bertawasul kepada Nabi Muhammad SAW dan memiliki kelebihan sebagai penawar jasmani serta rohani.  Sholawat tibbil qulub dikhususkan untuk menyembuhkan bermacam penyakit.

Sholawat Tibbil Qulub biasa dikenal dengan sholawat syifa yang artinya obat. Sholawat tibbil qulub mulai terdengar familiar ditelingga masyarakat Indonesia pada awal masuknya virus corona, masyarakat percaya bahwa sholawat tibbil qulub ini bisa menjadi penangkal virus. Tidak hanya  untuk penangkal virus sholawat tibbil qulub ini memiliki kelebihan yaitu bisa menyembuhkan segala penyakit, termasuk juga penyakit hati. Di dalam bacaan sholawat tibbil qulub ada tawasul kepada nabi Muhammad SAW.  Berdasarkan pengertian tersebut, maka yang dimaksud dengan terapi Sholawat Tibbil Qulub adalah proses terapi dengan menggunakan sholawat tibbil qulub yang dilakukan untuk memperbaiki diri dari kebiasaan jelek agar lebih sehat dengan suatu cara yang dilakukan secara berulang-ulang dan teratur.

Stres merupakan respon psikofisiologis seseorang akibat adanya rasa tertekan, ancaman, disforia, maupun kesedihan yang disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan antara harapan dengan kenyataan yang diinginkan.  Stres dalam arti umum adalah adaptasi yang menimbulkan reaksi atau respon dalam pelaksanaan stresor dimana berasal dari dalam ataupun luar seseorang dan bersifat nyata ataupun tidak. Bentuk dari stres beranekaragam tergantung sifat stresor yang sedang dihadapi serta kemampuan untuk menghadapinya atau yang biasa disebut coping skills, jika stresor yang dilaksremajaan mampu diatasi oleh individu dimana tidak dapat menimbulkan stres, namun apabila individu tersebut tidak mampu  mengatasi stresor tersebut maka akan timbul respon berupa stres. Tidak selamanya individu yang mampu mengatasi stresor dapat bertahan, apabila terjadi gangguan keseimbangan secara terus menerus maka akan menimbulkan ansietas kronik.
 
Berlandaskan kamus Webster, stres bersumber dari bahasa latin, yakni strictus yang artinya kesulitan, keputusasaan, serta penderitaan.  Sedangkan menurut Profesor Djun, stres merupakan bagian kehidupan manusia normal, dan stres akan terus ada sepanjang kehidupan manusia. 

Stres tidak memandang umur. Pada remaja balita juga mengalami stres tetapi dengan manifestasi yang berbeda, karena mereka tidak bisa bicara secara jelas, balita hanya bisa menangis. Stres pada balita bisa disebabkan karena tidak cocok susu, tidak cocok makanan. Stres yang dialami remaja sekolah dasar, mereka stres karena berbagai tuntutan belajar, les privat, ujian. Setelah beranjak dewasa tingkat stres yang dialami remaja adalah tentang pergaulan, pertemanan sampai asmara. Seseorang yang sudah berumah tangga juga rentan stres banyak sekali  perbedaan antar pasangan yang terkadang memicu terjadi stres, bahkan sampai orang dikatakan lansia pun mereka tetap mengalami stres.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan stres bisa terjadi karena seseorang merasa menghadapi bahaya, tekanan ataupun perubahan. Stres terjadi disebabkan pikiran serta keadaan yang menjadikan individu cemas, marah, sedih. Sehingga diperlukan cara mengelola stres bukan menghindari stres.

Manfaat Sholawat Tibbil Qulub, Apabila membaca sholawat tibbil qulub dengan rutin dan mengamalkannya selaku wirid ataupun dzikir niscaya dapat mengobati tubuh dari berbagai macam penyakit,  menghilangkan rasa tertekan dan cemas, menciptakan ketenangan batin, menyembuhkan dari rasa was was, serta mencegah terjadinya penyakit hati.  Syaikh Ahmad Asshawi, mengatakan jika sholawat tibiil qulub dibaca dengan 400 kali ataupun 2000 kali serta dianiatkan untuk orang sakit, sehingga atas izin Allah, penyakit apa pun dapat pulih. Menurut pendapat KH Muhammad bin Abdullah Faqih sholawat tibbil qulub ini ampuh dalam memlihara kesehatan tubuh serta menjadi pencegah semua penyakit dzahir maupun bathin. 

Kesimpulan manfaat sholawat tibbil qulub yaitu sholawat ini dapat menyembuhkan segala penyakit batin dan dhohir, untuk meminta kesembukan orang lain bisa membacakan sholawat tibbil qulub untuk mendapatkan kesembuhan untuk orang yang sakit, selain itu membaca sholawat juga akan mendapat pahala.